Tips Pemasaran: Perbedaan antara “Lisan” dan “Tulisan”

tips pemasaran lisan dan tulisanStrategi pemasaran dengan alat bantu lisan menyasar segmen berbagai lapisan masyarakat. Sejak lahir, kita dapat mendengar berbagai macam suara. Oleh karena itu, penerapan strategi pemasaran melalui lisan lebih mudah diterima oleh konsumen di segala umur. Tips pemasaran lisan yang terbukti sukses dipergunakan oleh para produsen dapat diuraikan sebagai berikut.

Pertama, cara klasik menggunakan suara orang yang dapat berteriak kuat dalam waktu lama. Walaupun di zaman ini dikatakan oleh kita sudah modern dan canggih, tips pemasaran ini masih terbukti efektif mendapatkan konsumen potensial. Para pengusaha skala mikro sukses menggunakan cara ini. Penjual gorengan, penjual sate ayam, kue donut, sayur mayur, penjual es adalah beberapa contoh pengusaha skala mikro.

Kedua, tips pemasaran lisan menggunakan tenaga profesional. Tenaga profesional yang dimaksud dalam hal ini yaitu orang yang memiliki keahlian dalam menjelaskan suatu produk secara persuasif. Para pengusaha skala kecil hingga besar banyak yang sukses memakai cara ini. Dengan bantuan alat audio terkini terbukti dapat menarik banyak konsumen potensial. Kelebihan pemasaran lisan yaitu punya kemampuan interaktif yang tinggi. Dengan demikian, tenaga profesional dapat memikat perhatian konsumen secara langsung. Konsumen akan mudah dan cepat beradaptasi dengan para tenaga pemasaran ini.

Strategi pemasaran berdasarkan alat bantu tulisan menyasar pada lapisan masyarakat yang punya bekal pendidikan. Kemampuan baca tulis orang mulai berkembang sejak mengeyam pendidikan di bangku sekolah. Strategi pemasaran ini lebih banyak bersifat satu arah. Produsen dan konsumen sering tidak saling berinteraksi secara langsung. Kemampuan intelektual dan visualisasi para pelaku ekonomi menentukan sukses dan tidaknya kegiatan usaha. Tips pemasaran tulisan berikut ini dapat ditiru oleh para pelaku usaha.

Pertama, sebuah tulisan singkat menggambarkan produk dengan jelas dan terarah. Tulisan ini biasa terdapat pada iklan suatu produk. Tujuan utama tulisan ini yaitu konsumen mudah mengenali produk yang ditawarkan oleh produsen. Tips pemasaran tulisan ini mudah kita jumpai pada iklan-iklan baliho di pinggir jalan.

Kedua, sebuah tulisan berbentuk artikel penuh. Artikel penuh ini dapat berisi penjelasan suatu produk secara naratif, persuasif atau argumentatif. Tujuannya, produsen memberi pengetahuan lengkap kepada konsumen. Tips pemasaran tulisan ini banyak dipraktekkan di media cetak dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2009 bengkelduit.com | All Rights Reserved | PRIVACY POLICY